Timsus Maleo Polda Sulut Berhasil Mengungkap Misteri Penggelapan Kendaraan Bermotor

Timsus Maleo Polda Sulut Berhasil Mengungkap Misteri Penggelapan Kendaraan Bermotor
Kabid Humas Polda Sulut, Kombes Pol Jules Abraham Abast SIK

Manado-Pihak Kepolisian Polda Sulut melalui Timsus Maleo berhasil mengungkap misteri penggelapan sejumlah kendaraan bermotor di beberapa wilayah yang ada di Sulawesi Utara.

Hal tersebut di ungkapkan oleh Kabid Humas Polda Sulut, Kombes Pol Julest Abraham Abast SIK pada konferensi pers yang dilaksanakan di lobi teras Direskrimum Polda Sulut, Kamis(30/07/2020) siang.

"Pelaku RH alias Buser melakukan aksinya dengan cara menjadi penumpang," ucap Kabid Humas Polda Sulut.

Dimana pelaku, RH alias Buser melakukan aksinya dengan cara menjadi penumpang ojek/ Sepeda motor yang sudah menjadi target, kemudian pelaku meminta pemilik/pengendara motor untuk mengantar pelaku ke tempat tujuan tertentu, setelah tiba di lokasi pelaku minjam kendaraan sepeda motor korban dengan berbagai macam alasan, sehingga membuat korban percaya dan menyerahkan sepeda motor miliknya kepada pelaku.

Setelah pelaku menguasai Sepeda motor tersebut, pelaku langsung membawa kabur dan tidak mengembalikan Sepeda motor tersebut, namun menjualnya ke pihak lain.

Pada umunya yang menjadi korban adalah para pengemudi ojek pangkalan.

Setelah menerima laporan polisi LP/184/VII/2020/Sektor Tikala, Tim Maleo Polda Sulut pun melakukan penyelidikan tentang keberadaan tsk RH alias Buser, dan akhirnya pada hari Senin(27/07/2020) Timsus Maleo Polda Sulut mendapatkan informasi keberadaan tersangka dan melakukan penangkapan.

Setelah di interogasi, tersangka RH telah menggelapkan sebanyak 15 unit Sepeda motor dari sejumlah TKP yang berbeda-beda, antara lain di Manado dan Tondano. Dan tsk melakukan aksi tersebut sejak Desember 2019.

Lebih lanjut diterangkan oleh Kabid Humas Polda Sulut, Kombes Pol Julest Abraham Abast SIK, pelaku dikenakan pasal 373 KUHP dengan ancaman hukuman penjara paling lama 4 tahun.(Steven Pande-iroot)