Sukseskan Pilkada 2020 yang Aman di Tengah Pandemi Covid-19

Sukseskan Pilkada 2020 yang Aman di Tengah Pandemi Covid-19
Sekretaris Daerah Kabupaten Solok Aswirman, SE,MM Ikuti Vidcon

SOLOK -   Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada ) yang disepakati pemerintah akan dilaksanakan serentak pada 9 Desember 2020, diikuti 9 provinsi dan 261 kab/kota, termasuk Kabupaten Solok. Terkait persiapan pelaksanaan Pilkada tersebut Kemendagri melakukan rapat online via Video Conference ( Vicon ) yang dihadiri Sekjen Kemendagri, Irjen Kemendagri, Dirjen Bakda,  Dirjen Bangda, Dirjen Otda dengan Sekretaris daerah Kabupaten/Kota dan Provinsi pada Sabtu ( 13/6 ).

Vidcon yang dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Solok Aswirman, SE,MM di rumah Dinasnya di Koto Baru, membahas mengenai dana hibah untuk pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020.  Dalam acara tersebut disampaikan bagi seluruh penyelenggara / pelaksana pilkada di daerah agar dapat mempertanggungjawabkan penggunaan dana hibah untuk pilkada. Dan juga mengingatkan seluruh unsur penyelenggara pilkada agar dapat mengajukan surat tertulis kepada pemerintah daerah terkait penggunaan dana.

Selain itu Sekjen Kemendagri berpesan kepada para kepala daerah yang daerahnya mengikuti pilkada serentak 2020, agar dapat memberikan kemudahan bagi penyelenggaran dalam menggunakan dana hibah yang ada. Disamping itu seluruh penyelenggara agar dapat terus menjaga komunikasi dan koordinasi dengan unsur pusat demi menghindari kesalahpahaman di daerah.

 Meskipun Pilkada dilaksanakan dalam situasi pandemi Covid-19, diharapkan setiap lini dapat menyesuaikan diri dengan keadaan dan  bersama - sama wujudkan kerjasama yang baik demi mensukseskan pilkada 2020 yang aman dari covid-19. Sebelum pilkada dilaksanakan, seluruh penyelenggara agar dapat terus mensosialisasikan serta memberikan gambaran kepada masyarakat terkait pelaksanaan pilkada yang  aman covid-19.

Demi mewujudkan pelaksanaan pilkada aman covid, penyelenggara juga harus mempersiapkan segala kebutuhan seperti APD, masker, handscoon, face shield dan alat pencuci tangan. Dengan adanya sumber daya yang baik, pemerintah optimis pilkada serentak ini akan berjalan dengan baik dan lancar. Untuk itu dukungan dari kepala daerah dan berbagai unsur stake holder sangat membantu dalam kelancaran pilkada nanti.(Amel)