Polres Nganjuk Kukuhkan Banaran sebagai Kampung Tangguh Semeru

Nganjuk: Meningkatnya penyebaran covid129 di wilayah kertosono Jum'at (17/07/2020), Kapolres Nganjuk melalui Kasat Babinkamtibmas AKP Harly menghadiri pembentukan posko Kampung dan pasar tangguh semeru yang dilaksanakan di Kelurahan Banaran, Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur,

acara tersebut dihadiri Kepala Kelurahan Banaran Koesmindar, Camat Kertosono yang diwakili oleh Kepala seksi Ketentraman dan Ketertiban Sutriswanto, Kapolsek Kertosono Kompol Djamin, juga perangkat dan masyarakat Kelurahan Banaran.

Acara tersebut menrapkan porokoler kesehatan yang dilakukakn oleh petugas kelurahan banaran, sebelum masuk pendopo Kelurahan, semua undangan di periksa suhu tubuh serta yang tidak memakai masker langsung disiapkan masker secara cuma-cuma alias gratis juga tidak ketinggalan diwajibkan untuk mencuci tangan sesuai dengan protokol kesehatan.

Dalam sambutannya Kepala Kelurahan Banaran Koesmindar menyampaikan Semenjak merebaknya pandemic covid-19, jajarannya telah melakukakn berbabagi usaha dalam mencegah meluasnya penyebarannya di wilayahnya. Diantaranya, penyemprotan disinfektan sinergi bersama Lazisnu kertosono yang dilanjutkan oleh warga secara mandiri dilingkungan masing-masing di setiap RT dan RW yang ada di keluarahan banaran. Bersama koramil kertosono melakukakn kolaborasi berupa kegiatan rapid test pertengahan bulan Ramadhan.

AKP Harly menjelaskan tentang kampung tangguh itu bukan hanya untuk penanganan pencegahan virus covid-19, intinya tetap kembali ke tiga pilar yakni tata pemerintahan dalam pengelolaan pembangunan ini adalah seluruh masyarakat dan instansional, namun secara kelembagaan yang bertanggung jawab disini adalah Pak Lurah, itu adalah bagian dimensi Kesejahteraan, Pemerintahan, dan pembangunan.

Yang kedua adalah bagian kedaulatan mulai dari masalah NKRI, juga Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata), wawasan kebangsaan, itu yang punya tanggung jawab adalah kita semua dan secara kelembagaan yaitu Babinsa.
 
Yang ketiga terkait dengan hukum dan kamtibmas itupun juga sama yang bertanggung jawab kita semua namun secara kelembagaan disini adalah Babinkamtibmas," papar Harly.(faiz)