Mulai 31 Juli 2020, Kunjungan Wisata ke Samosir, Para Wisatawan Nusantara Wajib Ikuti Protokol Kesehatan

Mulai 31 Juli 2020, Kunjungan Wisata ke Samosir, Para Wisatawan Nusantara Wajib Ikuti Protokol Kesehatan
SAMOSIR - Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM akhir bulan Juli tepatnya ( 31/7 ) akan membuka objek-objek wisata bagi wisatawan nusantara di Kabupaten Samosir. Keputusan ini didasarkan pada Surat Edaran Bupati Samosir Nomor 8 Tahun 2020 tentang Pedoman Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Corona Virus Disease (COVID-19) Bidang Penyelenggaraan Kegiatan Pariwisata Lainnya, Olah Raga, Kepemudaan dan Sosial Budaya, Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Tradisional, Transportasi Publik, Pelayanan Kesehatan, Pelayanan Pendidikan dan Sekolah, Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pelayanan Perizinan di Kabupaten Samosir. Hal ini disampaikan Bupati Samosir Rapidin Simbolon melalui Whatsapp.
 
Dalam pesan Whatsapp Rapidin Simbolon menyampaikan demi meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Samosir melalui pariwisata, kita akan membuka objek-objek wisata untuk wisatawan nusantara di Kabupaten Samosir, ucap Rapidin Simbolon.
 
Dengan dibukanya kembali objek-objek wisata untuk wisatawan nusantara, “Saya yakin mulai dari pedagang dan transportasi baik danau maupun darat, perhotelan, akan kembali normal perekonomian.”
 
Menurut Rapidin Simbolon, Kabupaten Samosir zona hijau dan ini pasti tetap zona hijau apabila wisatawan nusantara dan lokal mematuhi protokol kesehatan secara konsisten. Jika berdasarkan evaluasi, dan dianggap aman, Kabupaten Samosir juga akan membuka objek-objek wisata bagi wisatawan mancanegara pada bulan September 2020, tegas Rapidin Simbolon.
 
Selain itu, Rapidin Simbolon menjelaskan, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Kamis (23/7/2020) menghimbau para kepala daerah untuk memaksimalkan potensi daerah mengingat adanya penurunan pertumbuhan ekonomi sebesar 0.56% pada kuartal I tahun 2020 (4.65%) dibandingkan dengan kuartal IV tahun 2019 (5.21%). Himbauan ini diharapkan segera ditindaklanjuti pada level kabupaten/kota.
 
Rapidin Simbolon menjelaskan,”Himbauan Gubsu akan ditindaklanjuti di Kabupaten Samosir dengan menggiatkan usaha wisata dan pertanian,” jelas Rapidin Simbolon.
 
Warga Tuktuk yang dijumpai awak media ini, A. Riska Simbolon, merasa bersyukur atas  kembali dibukanya objek-objek wisata.
 
Katanya lagi, “Saya pelaku usaha wisata (Souvenir dan Hotel) merasa dibukanya objek-objek wisata akan menghidupkan perekonomian pelaku wisata di Kabupaten Samosir,” ucapnya. (M.Sid)