Momen Halalbihalal Virtual, Ketua IKATSI Unhas: Satukan Energi Positif demi Bangsa

Momen Halalbihalal Virtual, Ketua IKATSI Unhas: Satukan Energi Positif demi Bangsa

Makassar - Kondisi pandemi saat ini tak menghalangi Ikatan Keluarga Alumni Teknik Sipil Universitas Hasanuddin (IKATSI Unhas) menggelar Halalbihalal virtual tahun 2020 demi menjaga tali silaturahim antar alumninya.

Halalbihalal virtual tersebut dihadiri 1.300 alumni Teknik Sipil Unhas dan berlangsung lewat aplikasi Zoom, Sabtu, 13 Juni 2020. Pada Halalbihalal tahun ini, bertindak selaku panitia pelaksana yakni alumni Teknik Sipil Unhas angkatan '92.

Turut hadir memberi sambutan, Ketua Umum IKA Teknik Unhas, Ir. Haedar Karim, Ketua IKATSI Unhas, Ir. Haris Hody, dan Dekan Fakultas Teknik Unhas, Prof. M. Arsyad Thaha.

Dalam sambutannya, Ir. Haedar Karim mengatakan, di masa pandemi saat ini, para alumni Teknik justru merasa lebih dekat walaupun jarak mereka jauh lantaran tak bisa bersapa langsung satu sama lain.

"Di masa-masa pandemi inilah kita semua merasa lebih dekat meskipun jarak kita jauh. Pandemi ini juga mengingatkan kita untuk tetap menjaga diri dalam menjalankan keseharian kita," ujar Ir. Haedar.

Pada kesempatan itu, Ir. Haedar memaparkan jumlah alumni Teknik Unhas yang terdaftar saat ini, yakni kurang lebih sebanyak 23 ribu alumni.

"Alumni yang pertama mendirikan IKA Teknik Unhas pak Rapi Mantahing, juga dari alumni Sipil. Setelah itu digantikan Dr. Jumain dari Teknik Eektro, setelah itu kembali lagi ke Sipil," tambahnya. Ia juga menyampaikan kepada semua alumni Teknik, khususnya alumni Sipil, bahwa saat ini IKA Teknik Unhas sudah terbentuk di wilayah Sumatera hingga Papua.

"Teman-teman semua perlu saya sampaikan bahwa IKA Teknik Unhas sekarang sudah terbentuk dari Sumatera hingga Papua. Ada 6 DPW yang saat ini sudah berdiri," ujar Dirut PT Nindya Karya ini.

Kepada IKATSI Unhas, Haedar menyampaikan perihal gerakan IKA Teknik Unhas yang pada beberapa waktu lalu telah meluncurkan pembangunan masdji di kampus Gowa.

"Kemarin, kita melaunching suatu pembangunan untuk dunia akhirat yakni Masjid IKA Teknik di kampus Unhas Gowa. Semoga pembangunan masjid ini bisa dimanfaatkan adik-adik kita di kampus nantinya," terangnya.

"Saya juga berharap seluruh alumni tanpa terkecuali dapat memberikan sumbangsihnya untuk adik-adik kita nantinya," sambungnya.

Sedangkan Ketua IKATSI Unhas, Ir. Haris Hody dalam sambutannya meminta alumni Teknik Sipil Unhas untuk tetap semangat berkarya, meskipun di tengah kondisi pandemi saat ini.

"Saat ini kita masih menghadapi Covid-19, oleh karena itu memasuki masa sekarang ini kita tidak bisa lagi berpikir seperti apa adanya, tetapi harus ada hal yang baru, ada tahapan seperti kita menaiki tangga, karena saat ini banyak perubahan-perubahan yang terjadi," kata Ir. Haris Hody.

Maka dari itu, pihaknya meminta alumni agar menjadikan Halalbihalal ini sebagai momentum untuk lebih berkarya, baik di kehidupan maupun karir masing-masing.

"Kita juga harus lebih peduli dan memberi manfaat untuk lingkungan di sekitar kita. Harus saling berbuat yang terbaik dan satukan energi yang positif demi kemajuan bangsa ini," pesannya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik Unhas Prof. M. Arsyad Thaha mengapresiasi panitia penyelenggara Halalbihalal IKATSI Unhas, dalam hal ini alumni angkatan '92. "Saya memberi apresiasi untuk panitia pelaksana yang sudah bekerja keras untuk penyelenggaran kegiatan ini, dimana jumlah pendaftar mencapai 1.300 alumni," ucap Prof Arsyad.

Menurutnya, dalam beberapa hari terakhir ini, nama besar Fakultas Teknik Unhas telah menggema secara nasional di tengah pandemi Covid-19.

"Kondisi ini telah berhasil merangsang kita semua untuk menciptakan dan mengembangkan inovasi dari Fakultas Teknik guna membantu pemerintah dalam hal penanganan Covid-19," ujarnya.

Oleh karenanya, kata Prof Arsyad, nama besar institusi Fakultas Teknik Unhas sangat bergantung dari karya dan prestasi para alumninya.

"Fakultas Teknik Unhas tidak akan besar tanpa alumninya," pungkasnya. (subhan)