Mengupas Realitas Sundel Bolong

Mengupas Realitas Sundel Bolong
foto ilustrasi perwujudan sundel bolong

MISTERI - Nusantara kita tidak hanya memiliki berbagai tradisi dan budaya yang beragam, tapi juga memiliki "aset" dari dunia lain, tentunya hal ini menambah warna tersendiri di zona misteri, salah satunya sundel bolong.

Ada beberapa film layar lebar yang menceritakan eksistensi sundel bolong, yaitu telaga angker yang diproduksi tahun 1984, malam jumat kliwon di tahun 1986, dan malam satu suro di tahun 1988. Ketiga film tersebut menjadi favorit publik dimasanya, sekaligus menjadi omset bagi para pemilik bioskop.

Sundel bolong sendiri divisualisasikan sosok wanita berambut panjang dan bergaun panjang warna putih, serta punggung yang bolong, sehingga organ-organ tubuh terlihat. Hingga saat ini, belum ada klaim yang menyebutkan sundel bolong berjenis kelamin laki-laki.

Ada yang menyebut, sundel bolong berwajah wanita cantik, tapi ada yang menyebut berwajah jelek dan menakutkan. Literasi lain menyebut, wajah sundel bolong bisa berubah cantik atau jelek.

Ciri khas Sundel bolong hampir sama dengan kuntilanak, keduanya sama-sama berambut panjang dan mengenakan gaun putih, yang membedakan hanya kondisi punggung keduanya. 

Jenis makhluk astral ini diklaim sebagai produk dalam negeri, namun dilihat dari pakaian yang dikenakannya, bertolakbelakang dengan ciri khas nusantara, melainkan belahan benua lain, yaitu Eropa, dalam artian produk impor.

Berdasarkan bukti-bukti penampakan sundel bolong, entah itu dokumentasi berbentuk foto, entah video, semua berpakaian daster, tidak ada yang berpakaian selain itu. 

Makhluk astral memiliki kemampuan kamuflase, tetapi kamuflase itu sendiri butuh objek, dan objek itu bersumber dari benda yang digunakan manusia, termasuk pakaian daster. Kemunculan sundel bolong diperkirakan se-jaman dengan kuntilanak, lantaran sama-sama menggunakan daster.

Berdasarkan literasi, sundel bolong berasal dari kata sundal atau artinya pelacur, dan bolong atau berlubang. Tentunya, kehadiran sundel bolong menambah deretan makhluk astral di nusantara, sekaligus bagian dari misteri yang sulit diterima logika.

Ada beberapa versi terkait asal mula kemunculan sundel bolong, salah satunya bermula dari arwah penasaran dari wanita yang mati karena diperkosa, dan saat itu juga dalam kondisi hamil. Hal itulah muncul asumsi bolongnya punggung sundelbolong, akibat bayi yang dikandungnya tak sempat lahir.

Kemunculan sundel bolong menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku supranatural maupun pecinta dunia misteri. Bukti eksistensi sundel bolong bertebaran dimana-mana, termasuk medsos, baik foto maupun video. 

Kontroversial muncul seputar eksistensi sundel bolong di beberapa tempat, ada yang menyebut sering menampakkan di hutan, jalan, hingga menjadi "penghuni" tetap rumah tua. Apapun literasi yang berkembang, sundel bolong tetap menjadi daya tarik pengamat horor dari masa ke masa. (dodik)