Jelang Idul Adha, Harga Sapi Kurban di Pasaman Barat Naik Drastis

Jelang Idul Adha, Harga Sapi Kurban di Pasaman Barat Naik Drastis
Sapi Kurban di Pasaman Barat

PASBAR--Harga Sapi Kurban di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, naik drastis menjelang Hari Raya Idul Adha. Kenaikan harga hewan kurban itu naik dari tahun sebelumnya.

Harga sapi yang naik meliputi Metal, Limousin, PO, Brahma dan Bali. Kenaikan jenis sapi tersebut mencapai Rp2 juta per ekor.

Sedangkan untuk sapi yang paling diminati untuk dikurbankan kebanyakan sapi jenis bali. Sapi jenis bali ini minimal dijual para pedagang dengan harga Rp14 juta per ekor nya.

"Kalau biasanya Rp12 juta, sekarang kami jual Rp14 juta per ekor nya untuk sapi berumur 25 bulan," sebut Sofyan, salah seorang pengelola kelompok peternakan sapi di Kecamatan Luhak Nan Duo, Selasa(28/7/2020).

Sofyan mengatakan, sapi yang dijual mereka bersumber dari peternak lokal yang ada di daerah itu. Sedangkan permintaan terus meningkat selama pandemi Corona.

Sementara stok sapi kurban tidak memadai di Kabupaten Pasaman Barat. Hal itu dikarenakan, sapi kurban dari luar daerah tidak begitu banyak masuk.

"Jadi, meski pandemi Corona tidak berpengaruh terhadap orang yang ingin berkurban. Sebab, para pekurban sudah melakukan program kurban sebelum pandemi corona berlangsung," katanya.

Kemudian dijelaskan Sofyan, sapi-sapi kurban yang dijualnya merupakan hasil dari peternakan kelompok yang dikelolanya bersama anggota kelompok lainnya.

"Meski kelompok peternakan sapi sudah ada beberapa tersebar di Pasaman Barat, namun tidak juga bisa menutupi kekurangan permintaan pada Hari Raya Idul Adha ini," jelasnya.

(***)