Ciptaan Usaha Baru, DPMPTSP-Naker Agam Gelar Pemberdayaan TKM Jurusan Memasak di Biaro Gadang

AGAM - DPMPTSP-Naker Kabupaten Agam, Sumatera Barat kembali memberikan pembekalan bagi masyarakat pada kegiatan penciptaan usaha baru melalui pemberdayaan Tenaga Kerja Mandiri (TKM) jurusan memasak (pembuatan aneka kue) angkatan ketiga, kepada masyarakat Biaro Gadang Kecamatan Ampek Angkek. Dari data yang diperoleh AMC, sebelumnya angkatan pertama dilaksanakan bagi masyarakat Kubang Putiah Banuhampu pada 12 sampai 14 November. Kemudian angkatan kedua disusul pada 20 sampai 22 November di Kamang Magek. Kepala Dinas PMPTSP-Naker Kabupaten Agam Retmiwati, kepada AMC mengatakan, 20 peserta yang diberi pembekalan difokuskan kepada perempuan yang belum bekerja dan pengusaha pemula. Dia menjelaskan, pembekalan tersebut guna meningkatkan kemampuan dan kualitas dalam membuat kue baik kering maupun basah. Sehingga bisa membuat peluang usaha baru yang berdaya saing untuk menambah pendapatan keluarga. Ia berharap, keterampilan yang dite­rima ibu-ibu selama mengikuti pelatihan akan menjadi bekal tambahan untuk lebih mandiri dan meningkatkan keterampilan membuat kue. Dia menyebutkan, kegiatan yang dibiayai dana APBN Kementerian Ketenagakerjaan RI itu dilaksanakan mulai tanggal 26 sampai 28 November, bertempat di Kantor Wali Nagari Biaro. Dalam pembekalan tersebut peserta tidak hanya diberi pelatihan secara teori, tapi langsung mempraktikkannya dengan narasumber dari Kemnaker RI dan instruktur berpengalaman. Retmiwati berharap, pembekalan ilmu pengetahuan yang diberikan dapat diaplikasikan serta sasarannya dapat menyerap banyak tenaga kerja baru lainnya, sehingga bisa menekan angka pengangguran di Kabupaten Agam. “Maka ikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh, sehingga apa yang disampaikan instruktur bisa menjadi modal utama," kata dia. (***)

Ciptaan Usaha Baru, DPMPTSP-Naker Agam Gelar Pemberdayaan TKM Jurusan Memasak di Biaro Gadang

AGAM - DPMPTSP-Naker Kabupaten Agam, Sumatera Barat kembali memberikan pembekalan bagi masyarakat pada kegiatan penciptaan usaha baru melalui pemberdayaan Tenaga Kerja Mandiri (TKM) jurusan memasak (pembuatan aneka kue) angkatan ketiga, kepada masyarakat Biaro Gadang Kecamatan Ampek Angkek.

Dari data yang diperoleh AMC, sebelumnya angkatan pertama dilaksanakan bagi masyarakat Kubang Putiah Banuhampu pada 12 sampai 14 November. Kemudian angkatan kedua disusul pada 20 sampai 22 November di Kamang Magek.

Kepala Dinas PMPTSP-Naker Kabupaten Agam Retmiwati, kepada AMC mengatakan, 20 peserta yang diberi pembekalan difokuskan kepada perempuan yang belum bekerja dan pengusaha pemula.

Dia menjelaskan, pembekalan tersebut guna meningkatkan kemampuan dan kualitas dalam membuat kue baik kering maupun basah. Sehingga bisa membuat peluang usaha baru yang berdaya saing untuk menambah pendapatan keluarga.

Ia berharap, keterampilan yang dite­rima ibu-ibu selama mengikuti pelatihan akan menjadi bekal tambahan untuk lebih mandiri dan meningkatkan keterampilan membuat kue.

Dia menyebutkan, kegiatan yang dibiayai dana APBN Kementerian Ketenagakerjaan RI itu dilaksanakan mulai tanggal 26 sampai 28 November, bertempat di Kantor Wali Nagari Biaro.

Dalam pembekalan tersebut peserta tidak hanya diberi pelatihan secara teori, tapi langsung mempraktikkannya dengan narasumber dari Kemnaker RI dan instruktur berpengalaman.

Retmiwati berharap, pembekalan ilmu pengetahuan yang diberikan dapat diaplikasikan serta sasarannya dapat menyerap banyak tenaga kerja baru lainnya, sehingga bisa menekan angka pengangguran di Kabupaten Agam.

“Maka ikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh, sehingga apa yang disampaikan instruktur bisa menjadi modal utama," kata dia. (***)