Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan, Serahkan DAK Nonfisik BOP kepada PAUD, PKBM, dan SKB

Bupati Kubu Raya,  Muda Mahendrawan, Serahkan DAK Nonfisik BOP kepada PAUD, PKBM, dan SKB
Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan, Serahkan DAK Nonfisik BOP

KUBU RAYA – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menyalurkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Nonfisik BOP PAUD dan Pendidikan Kesetaraan di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Selasa (7/7/2020).

Jumlah penerima DAK Nonfisik BOP PAUD sebanyak 227 yang juga disalurkan kedelapan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), serta satu Sanggar Kegiatan Belajar (SKB).

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan menyatakan, penyaluran DAK Nonfisik BOP PAUD bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan PAUD dan Pendidikan Kesetaraan yang diharapkan dana tersebut dapat dikelola oleh masing-masing lembaga dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Jadi tidak hanya melihat ini selesai diberikan, akan tetapi dapat melihat dampak proses yang dilakukan oleh mereka (tenaga pendidik). Salah satunya adalah penguatan karakter terhadap anak didik,”ujarnya ditemui usai membuka acara Penguatan Penggunaan DAK Nonfisik BOP PAUD dan Kesetaraan.

Walaupun di tengah situasi pandemi,katanya, para tenaga pendidik tingkat PAUD serta Kesetaraan dapat melakukan inovasi dalam pola didiknya masing-masing, dengan cara memberikan pemahaman pelajaran secara pendidikan.

“Pendidikan kesetaraan juga sama, kita harapkan dalam pengelolaan PKBM tidak hanya sekedarnya saja,”imbuhnya.

Sementara Bunda PAUD Kubu Raya, Rosalina Muda Mahendrawan optimis dengan antusias masyarakat desa untuk menyekolahkan anak-anaknya di lembaga PAUD maupun Pendidikan Kesetaraan.

Menurutnya, PAUD tidak hanya sekedar tempat belajar anak-anak diusai dini, akan tetapi penanganannya secara menyeluruh.“Bersifat PAUD Holistik, jadi di situ tidak hanya belajar, bermain tetapi kesehatan para anak didik juga diperhatikan,”tambahnya.(MC.

Bunda PAUD Kubu Raya menjelaskan PAUD Holistik juga terintergrasi dengan bidang kesehatan. Untuk melakukan pelayanan kesehatan PAUD Holistik dapat bekerjasama dengan Posyandu setempat apabila imunisasi belum didapatkan oleh anak didik.

“Kemudian penyuluhan makanan sehat, juga ada bina keluarga balita. Serta pendidikan perkembangan mental spiritual,” jelas Bunda PAUD Kubu Raya, Rosalina Muda Mahendrawan (irdiansyah/MC Kubu Raya/Eyv